Saturday, April 26, 2008

Si Ibu Professor ...

Semalem pulang dari kampus dicurhatin sama si Wija yang katanya hari itu hancur lebur proposal thesis-nya dikata-katain sama Si Ibu Professor pembimbing methodology kita ... Wes, kata Wija nggak ada HOPE lagi .... Waduh!

Akhirnya kita berdua saling ngudoroso tentang
Si Ibu Professor tadi dengan segala perangainya terhadap semua mahasiswa (kebetulan beberapa mahasiswa undergrad juga pernah cerita ke saya soal ibu itu, ada yang nyampe nangis-nangis bombay segala .. wuiih, seru ya!).

Saya juga mengalami hal yang (mungkin) sama dengan Wija, dikata-katain dengan segala celaan-nya .. yang ginilah ... gitulah ... sampe yang menusuk perasaan (duh, kok segitunya ya saya, yang jelas nggak etis lah di-upload di sini hehehe). Itu semua yang sempat bikin saya down, sampe cerita ke istri segala .. wadul lah ... beruntung punya istri yang baik, yang mau menyemangati (thanks ya Njrot!) Intinya ya ceramah beliau jangan dimasukin ke ati, denger and catat point-nya aja ... dikatain ngganteng kalo emang iya juga gpp kan? hehehe ... Pokoknya kata-kata yang nggak konstruktif ya ditinggal saja ... Kali aja beliau lagi ada masalah di rumah atau di kantor atau apalah gitu ...

Kemarin pas giliran saya presentasi research prospectus, sengaja sebelumnya tak kasih intro bahwa bagi saya kelas ini kayak NIGHTMARE hehehe ... semua pada diem termasuk
Si Ibu Professor yang kelihatan kaget dan nggak menduga saya yang biasanya sopan kok jadi gini hehehe ... Tapi kemudian tak sambung dengan pernyataan ngayem-ayemi (Jawa banget nih!) bahwa semua ini mendorong kita untuk belajar dan belajar lebih keras lagi ... yang pada akhirnya akan kita temukan apa makna belajar sesungguhnya! (ga tahu setan mana yang terlintas saat itu ... atau mungkin ada malaikat yang mbisikin ... semua jadi mulai tersenyum ...lega).

Bagi saya sih ngadepin kritik udah mulai biasa ... catat aja point konstruktifnya .. tanggapi sambil senyum dan jangan marah ... kalo ada kesempatan menjawab ya jawab atau jelaskan tanpa sedikit upaya offensif untuk membalas ... ngko ndak dadi padu koyo ning pasar ... (lambene wong rumah kita ki ngene ... sok menyejukkan!)

Kritik atau masukan dari siapapun itu ... termasuk
Si Ibu Professor tadi ... wes kebal! Yang penting kita fokus pada tujuan kita ... nggak dimasukin ke hati ... dan jalan terus! Kalo kelamaan dipikirin bakalan membuat kita nggak produktif .. malah bisa sakit lever, eman-eman!

Wes sinau ... ndak sesuk diomyang maneh karo
Si Ibu Professor ...
Maaf ya bu, tak rasani di blog saya ... tapi yang baik-baik aja he .. dan makasih atas omyangannya selama ini ... saya belajar untuk menikmatinya dan tidak sakit hati ...




No comments: