Tuesday, April 22, 2008

Betapa indahnya negeriku ...


Jujur saja, menyadari Indonesia indah adalah ketika saya jauh dari rumah ... ribuan mil dari Rumah Ungu Pudakpayung ... menclok alias bertengger di university apartment Laramie, Wyoming, Amerika Serikat ... whe lha ...

Hal yang paling terasa (selain istri dan keluarga ... halah!) ya soal makanan ... kata orang Jakarta, anjrit ... ga ada makanan yang cucok bok! Palagi makanan di sini kan ga native alias not originally from the US. Pizza yang paling laris manis asalnya dari Italia, Taco dari Mexico, Hamburger dari Jerman, Teriyaki-Sushi dari Korea-Jepang, wes opo maneh jal?

Jangan ngimpi ketemu tahu, tempe, sate, gule, tongseng, rujak, lotek, gado-gado, gorengan atawa pedagang kaki lima! HIK alias SEGO KUCING yang jadi andalan di Semarang buat sekedar pengganjal perut juga ga ada!

Jadilah kita harus ngluruk alias berburu ke Denver (2 jam bermobilan dari Laramie) untuk mencari makanan, bumbu dan semua yang berbau Indonesia! Namanya toko SABO JAYA .. yang punya orang Medan namanya Om Kenny .. baikan banget suka ngasih extra teh kotak hehehe ... Carilah di SABO JAYA semua produk Indonesia pasti ada, termasuk CD dangdut, salonpas, antangin, antimo, feminax ... kumplit! Pernah ada orang bagus, gedhe tapi rada item sih .. tak kira Afro-Amerika ... jebul konco dhewe wong teko-teko takon feminax ... ihik-ihik!

Dan inilah most wanted from Denver ...
1. Bumbu instant - segala jenis bumbu instant baik BAMBOO, INDOFOOD apapun ... bisa sebagai penghibur lidah yang ga doyan dengan makanan di sini yang plain. Paling favorit ya RENDANG .. tinggal celup, ditinggal chatting atau apapun tau-tau sudah siaplah sodara rendang nan lezat .. amboy!

2. Tempe - makanan sing kethok sepele ini ternyata harus diimpor dari Indonesia wekekekek .. kalo di Pasar Ngaran paling seribu di sini harganya 3 dolar alias 27.000 .... Kalo sodara tahu ternyata ada warung deket rumah yang jual, tapi made in Japan dan namanya TOFU ... kok koyo grup dangdut wae ...

3. Kecap dan Saos, asli kecap dan saos di sini rasanya bikin mabuk, maksude ora ngalor or ngidul alias ora jelas rasane ... Kadar kemanisan dan kepedesennya naudzubillahimindzalik ... sangat tidak cocok untuk lidah Semarang dan sekitarnya. Walhasil acara ke Denver juga kulakan kecap dan saos ber-krat-krat, soale ga ada yang botol plastik sih!

4. Ikan Asin alias rese bin gereh ... ini aroma yang bikin alarm apartment bercuit-cuit sendiri ... kalo kelamaan bisa-bisa polisi dan pemadam kebakaran dateng, soale pas di goreng baunya menusuk (enak buat orang Indonesia tapi mungkin bikin tengsang orang lain he ..) dan asapnya buanyaaaak banget ... Jadi kalo pas nggoreng gereh ... 1 orang nggoreng, 1 orang stand by di bawah sensor alarm ... ngipasi biar asapnya nggak ke-detect, 1 orang lagi jaga pintu kalo sesekali perlu dibukakan biar sirkulasi udara dan asapnya seimbang hehehe ... Wes di-import, kok yo nggorenge isih sudah-payah ... padahal rese lho!

5. Indomie! Ini menu wajib buat anak kost di mana saja ... Sebenarnya banyak pilihan tapi Indomie lebih sreg. Kardus, merek, tulisan dan namanya nggak beda sama yang di Pasar Peterongan ... cuma kalo sudah sampe Amrik kok rada tengik ya, padahal kadaluarsanya masih 3 tahun lagi hehehe .... Indomie telur bisa jadi pengganjal saat mata tetap saja mentheleng lewat tengah malam ...

6. Teh dan kopi, wuuuh Made In Indonesia nggak ada duanya, sari wangi sama kopi luwak paling favorit ... apalagi di kampus banyak kopi sumatra, tapi pada nggak tahu kalo sumatra ada di Indonesia hehehehe


Wes ah, dadi pengin njuk ngelih ... padahal sudah lama nggak ke Denver ... stok menipis!
Bagaimanapun ... made in Indonesia indah!


Justify Full

No comments: