Friday, June 20, 2008

Indo Jadul .. antara RPD dan RPS

Ada sesuatu yang terasa lain saat telinga ini mendengar lagi lagu-lagu pop Indonesia jaman dulu ... yah mulai awal 1980-an gitu, bukannya sekelas Om Bob Tutupoli, Koes Plus atau Tetty Kadi. Yang jelas sih nggak ada memori spesial, lha wong masih di SD, hanya seneng saja setiap kali mendengar radio itu diputer di dua buah radio yang top-markotop di Wonosobo, Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD ... atau kadang disederhanakan lagi menjadi RPD -Radio Pemerintah Daerah) dan Radio Purnamasidi (RPS ... eh harusnya kan RP ya kalau konsisten menyingkatnya hehehe tapi ya karena satu sudah RPD satunya ya tinggal RPS hehehe ...).
Beberapa penyiar RSPD yang masih inget ya mbak Yuli, mas Bambang, mas Dehon, mas Aji (yang dari Tosari hihihi), mas Agus (Jenjang Tembang RSPD) trus dilanjut sama mas FX Suharto, mas Pramono (spesialis Wonosobo Selintas Pekan edisi ....) sama yang heboh dan sempet jadi MC pas saya menikah: mas Joni Suparjo ... spesialis Pantun Dangdut hehehe ...
Kalau RPS sih yang inget banget mas Towil Rais itu ... sing nek nyiarake dledek enthek ... gila abisss, trus Jefry Ramanda (ceileee ....), Erros (ini masih lumayan baru), kalo yang cewek ya mbak Shinta yang mendayu-dayu hehehe ... eh ya ada juga mas Udin (yang selalu serius) ... sopo maneh ya ....
Yang jelas selama kurun waktu 1980an saya paling hobby ndengerin radio spesialis acara kirim-kiriman (pilihan pendengar di kedua radio itu), bahkan menjelang tidur pun tetep pantheng ... kalo nggak salah seusai jam 20.00 berita ekonomi RRI disambung dengan display harga cabe, pete, dkk yang sumpah abis mbosenin! Kadang saking khusuknya sampai kebabalasen bobok dan lupa matiin radio, jadilah bapak atau ibu yang kemudian mengamankannya.         
Untungnya sekarang bisa ketemu imeem yang bisa membawa kenangan itu kembali, yedeee ... kenangan masa kecil tentang lagu-lagu Indonesia kala itu.
Tengoklah si Harry Mukti yang adudududududu .... kow tak percaya .... adududududududu ... mengapa cinta .... untuk kamu ... belahlah dadaku iniiii sajaaaa .... Si Bapak satu ini kata temenku sekarang menjadi pendakwah, syukurlah semoga khusnul khotimah. Kalau nggak salah sih dulu dia suka banget sama aktifitas outdoor, bahkan sempet dijuluki "si kutu loncat". Dengarkan juga lagunya yang Lintas Melawai ... wuuuh rancak bener! Tapi jangan salah ... Harry Mukti ini bisa romantis lho ... coba simak Hanya Satu Kata ... hhhmmm lagu request paling laris buat yang lagi kasmaran.
Atau juga Tito Sumarsono ... yang kalau sekarang liat clipnya di youtube jadi terbengong-bengong ... ih, jadul banget! Untukmu .. atau Tuhan Tolonglah ... lumayan romantis juga dengan style 80-an, yang jelas ya beda banget sama Club Eightees itu ... Inget juga kan sama si Itang Yunaz ... aku cinta padamu ... yang berulang-ulang itu. Tapi kok ya nggak jeleh (Bhs. Wonosobo: muak, bosan) ... tetep saja dinyanyiin dan beberapa kali jadi jawara di jenjang tembang atau 10 top hits.
Yang lumayan modern mungkin sebangsa Fariz RM, yang jaman dulu suka pake keyboard baik konvensional atau yang digantung di pundak. Jangan tanya sama mas satu ini, baik solo maupun kerja bareng Deddy Dukun atau Dian Pramana Putra ... uuuhh, so romantic Boss. Bahkan akhir-akhir ini di-repackage sama Almarhum Chrisye dan Rossa.
Jaman dulu itu juga ada film sekuel Catatan Si Boy yang heboh banget dengan mas boy dan emonnya ... (Didi Petet emang TOPBGT!), ga ketinggalan juga soundtracknya si Fairuz dengan Boy I Love You yang bau-bau MIDI atau Atiek CB dengan Terserah Boy ... yang rada kalem dan romantis ya siapa lagi kalau bukan Yana Julio & Lita Zein ... seperti emosi jiwa itu lah ..
Jangan lupa masih banyak stok juga lho ... mulai yang impor dari jiran seperti Search, Ella, sampe Sheila Madjid ... trus juga jawara festival negeri kita Harvey Malaiholo, Ruth Sahanaya (uthe ... whatta talented girl ... Astaga!), Obbie Messakh, Pance Pondaag, Dian Pisesha (ini masuk grouk JK Record yang kemasannya selalu bertabur bintang dan berwarna biru), Ratih Purwasih, Christin Panjaitan, Ikang Fauzi (Jangan main api ya ..), mbakyu Anggun C. Sasmi yang sekarang sudah berkibar di Prancis ... Chrisye (bless him), Krakatau, Emerald, Halmahera sampe dengan Trio Libels hehehe ...
Wes .. wes ... jadul ternyata nggak selamanya terkesan kuno, kolot ... tapi bagi saya soal lagu tetep easy listening ... coba saja ....             

No comments: