Saturday, June 28, 2008

Go Blog ...

Pertama kali saya kenal blog di awal tahun 2008 ada rasa was-was juga ... gimana enggak wong sejak lama saya tidak pernah nulis lagi ... kecuali kepepet tugas kuliah termasuk di dalamnya skripsi dan thesis. Ada rasa malas, awang-awangen ... inferior, jangan-jangan tulisan saya nggak mutu blass hehehe ... Tapi yo wes lah ... itung-itung curhat atau berunek-unek yang semoga ada gunanya bagi yang membaca.

Saya kenal menulis bukan dari sekolah, tapi justru dari ibu saya yang guru .. saya inget saat SD saya suka banget mengarang dan bahkan sering mendapat nilai bagus. Karangannya ya sebatas hal-hal yang normatif, misalnya tentang alam sekitar, liburan, suasana di desa. Soal substansi ibulah yang mengarahkan, lha kalo soal tulisan ini kerjaannya bapak yang sering mencorat-coret buku saya dengan ballpoint merah dengan tulisan yang berbunyi sangat provokatif ... tulisan yang rapi, jangan kaya cakar ayam! Giliran buku itu dipinjam teman saya mereka pada kaget kok ada tulisan seperti itu, ya saya bilang aja .. itu bapakku yang lagi ajar nulis di bukuku, hehehe ... Peace lho Pak ..

Yang jelas, menulis itu butuh input baik dari sekedar ngalamun, refleksi atas berbagai kenyataan hidup atau dengan membaca yang semua itu membuat otak kita "bekerja", mikir, menganalisa ... mengotak-atik dan memunculkan sebuah ide baru. Bisa jadi ide itu merupakan kritik, saran, sanggahan atau alternatif solusi dari sebuah permasalahan.

Semakin lama menekuni menulis di blog, semakin banyak hal yang dapat saya peroleh (teman baru, ide, pengetahuan, bahkan sampe tempat makan di sebuah kota yang ditulis oleh sesama blogger), semua bagi saya merupakan "makanan otak yang sehat". Sudah tentu blog yang isinya cuma iklan atau sekedar narsis tidak akan saya singgahi atau saya pasang sebagai link. Memang sih, dari jutaan blog di dunia maya ini tidak semuanya baik ... selain dua hal di atas, kadang blog juga dijadikan ajang agitasi, provokasi atau offensive kepada pihak lain, yah kita masih bisa memilih kok ... jenis blog apa yang bakal menjadi "makanan" kita ..

Terlepas dari semua itu, saya memandang blog bisa menjadi bahan pendidikan politik bagi semua orang, yang diawali dengan kebebasan mengeluarkan pendapat, ide, kritik, sebatas hal itu tidak merupakan fitnah, agitasi atau penistaan. Dengan menulis dan membaca blog kita mendapatkan pengetahuan yang memadai sebagai referensi kita dalam mengambil keputusan dan bertindak. Kita jadi tahu untung-rugi sebuah alternatif tindakan, kita bisa menilai mana yang baik dan yang buruk ... dan kita dapat bersikap lebih dewasa, arif dan bijak dalam menghadapi sebuah kesempatan untuk bertindak.

Semoga penemu blog ini akan selalu dilimpahi dengan berbagai kenikmatan dan keberuntungan, karena telah membuka satu cakrawala pengetahuan di dunia maya yang menjadi semakin penting di era modern ini. Dan mari kita gunakan blog untuk sesuatu yang bertujuan positif, bermanfaat bagi kita maupun orang banyak. Go Blog ...

No comments: