Saturday, June 14, 2008

Belajar dari EURO CUP 2008

Nggak ada di Indonesia saat perhelatan akbar piala Eropa 2008 ternyata ada untungnya hehehe minimal mengurangi begadang. Lha wes piye, di sini siaran langsung pertandingan piala eropa 2008 dimulai jam 10.50 sampai jam 14.00 (karena ada 2 pertandingan setiap harinya) via ESPN. Kalau pas libur akhir pekan ya lumayan tapi kalo pas hari efektif, terpaksa acara belajar jadi terganggu hehehe sedikit kok ...  Kalau pas lagi di rumah, bisa bayangin ... begadang mulai jam 22.30 sampe jam 3 pagi ... waduh ...  

Piala Eropa 2008 bagi saya sangat menarik, penyelenggaraanya semakin modern, wasit sama penjaga garis saja pake interkom ... bisa bisik-bisik ... itu pelanggaran, off side atau hands ball? hehehe ... stadionnya juga ijo royo-royo .. trus angle kamera yang makin variatif, rewind dan slow motion preview-nya juga cepet dan jelas banget ... ga putus-putus ... bolanya juga baru ... kelihatan makin light hehehe  (katanya paling enak buat striker tapi ga ngenakin buat kipernya ... saking enthengnya).

Dari sisi pemain, waahhh makin tajir-tajir ... kemampuan individu dan kerjasama tim terbukti sebagai resep sukses dalam sepakbola ... sementara ini sampai dengan putaran kedua sudah kelihatan tim semacam Portugal, Spanyol, Belanda adalah tim yang sukses memadukan keduanya (kacian banget Inggris ma Italia, sama-sama I depannya mungkin tahun ini belum hoki hehehe). Teknik-tekniknya makin canggih dan bikin kagum ... paduan antara kemampuan individu, kerja keras dan keberuntungan. Kadang ing atase ruang tembak bola mipit banget (bhs. Jawa yang artinya sempiiiit sekali) kok ya tetep bisa bikin gol ... subhanallah.

Ning satu yang saya titeni, betapa kesadaran akan hukum dan aturan sangat tinggi sekali (wow ..). Sekontroversialnya wasit .. nggak ada adegan pemain, official, pelatih atau supporter nyerbu ke lapangan, njotosi wasit ... atau jotosan sesama pemain. Walo mungkin ada kebijakan atau keputusan wasit yang dirasa tidak adil dan merugikan .. paling mereka sebatas protes ... nggak sampe ada stempel tangan di pipi wasit, baik tangan tergenggam atau telapak tangan. 

Saya hanya bisa berangan ... kapan sepak bola di Indonesia akan seindah ini ... atau semua aspek kehidupan di Indonesia bisa seharmonis ini ... Orang begitu sadar akan hukum dan aturan, tidak memaksakan diri .. menggunakan kekerasan atau kekuatan masa untuk menyelesaikan setiap perbedaan pendapat. 

Bukankah hidup menjadi lebih indah jika kita mau mengindahkan aturan?

    


  

No comments: