Saturday, May 31, 2008

Survival ... man!

Meski saya sedang tidak berada di Indonesia, saya bisa berempati atas penderitaan 220 juta sodara saya yang terkena imbas kenaikan BBM. Saat telepon orang tua saya, saya bisa menangkap nada kekhawatiran mereka. Iyalah dengan penghasilan sebagai PNS yang tentu sudah bakal dikurangi pinjaman sana-sini, bagaimana akan bisa survive dengan kenaikan BBM sebesar 20 %? Logika saya bilang, minimal solidaritas barang-barang dan jasa akan ikutan naik juga sebesar 25 %, jadi apa yang bisa dilakukan dengan BLT 100 ribu atau kenaikan gaji sebesar 15 %? Sungguh logika yang sangat naif!

Kadang saya bingung juga, sebagai orang yang sedang belajar tentang ilmu politik, negeri kita kan banyak ditongkrongi oleh para cendekiawan yang lulusan luar negeri universitas top-markotop sejagad ... tapi kenapa kok produk pemikiran mereka memble abis? Sama sekali tidak ada buah pikiran yang pro rakyat. Tapi sudahlah ... ngomongin mereka sampe superbusa-busa juga nggak bakalan memperbaiki keadaan ... hanya kita sendiri yang bisa memperbaiki keadaan kita, kan?

Kalau tidak salah, sejak jaman mahasiswa tahun 1997 saya sudah terbiasa (kata halus dari dipaksa!) untuk hidup prihatin. Bagaimana tidak, sepiring rames yang biasanya cuma 300 perak langsung melesat menjadi 700 bahkan 1000 perak! Makanya para mahasiswa kemudian banyak yang meradang ... soalnya mereka ini yang paling menderita dengan kondisi ekonomi yang acakadut ini. Apalagi jelas ada provokasi soal reformasi ... (hayo, ide siapa reformasi? kok ujung-ujugnnya malah jadi repot nasi kayak sekarang? pesenan syapa tuuh?) , maka bergeraklah mahasiswa ... mendobrak kemapanan rejim .. atas nama idealisme, keterbukaan ... eh nggak tahunya cuma dimanfaatkan saja, lha buktinya sekarang juga nggak beda jauh dengan dulu je .. KKN, silatkata, kongkalikong masih saja lestari ... yang dulu teriak-teriak pas dapet giliran ya diem saja je ..
Wes .. wes .. wes ..

Baikan ngomongin rakyat saja ya ... yang jelas bagi saya dengan adanya krisis ekonomi ini malah banyak manfaatnya :

Kita bisa lebih berhemat, menimbang-nimbang mana kebutuhan dan keinginan. Paling tidak sekarang muali mikir kalo akan mengeluarkan uang, perlu nggak ya?

Kita jadi berpikir lebih keras, mencari alternatif solusi, pendapatan, pengeluaran ... bagaimana menjaga cash flow tetap lancar ... Bayangkan, penghasilan tetap tapi pengeluaran bisa meningkat kira-kira hampir 30 %, gimana? Ya musti banyak akalnya tho agar semua kebutuhan terpenuhi dan nggak terjerumus utang!

Soal makan kita jadi lebih berhemat, bahasa halusnya DIET! Yang biasa makan 3 kali sehari dikurangi jadi 2 kali sehari ... yang biasa 2 kali sehari jadi 1 kali sehari ... yang biasa 1 x sehari ... ya puasa! Trus juga kreatif untuk mencari peluang makan gratis ... hehehe. Paling tidak, mengurangi makan (asal asupan gizinya tetep bagus) akan sangat bagus buat kesehatan, menghindari kegemukan dan kolesterol, he ...

First think first ... alias mencoba berpikir tentang prioritas ... mana yang perlu dan mendesak ... itu yang harus kita dahulukan. Jangan sering klayapan karena itu makan biaya, minimal bensin, parkir atau buat beli soft drink! Belum kalo tergoda beli sesuatu .. over budget ... tekorrr malah!

Lebih banyak menjadi religius .. inget Tuhan-Alloh ... tawakal .. semeleh ... semoga bukan karena krisis atau BBM naik, tapi karena memang kita manusia sangat dhoif, lemah ... baru bensin naik 28 % saja sudah banyak yang stress ... bingung .. jadi bereaksi negatif ... lha mbok yo sabar ... dipikir sing temen ... semua kan ada jalan keluarnya tho?

Lha ini semua lak bagian dari survival ... bagaimana bertahan hidup dengan cashflow yang mepeeeeet banget ...
Bagaimananapun ... mencoba berpikir positif nggak akan ada ruginya, hehehe


1 comment:

om idep said...

Hummm, sakjane kita bisa saja kayak dulu lagi, miskin bareng, rekoso bareng to achieve our goal, mardiko tapi klao sekarang ? lah kita udah rekoso bareng sing sugih tambah sugih, gak ada pedulinya sama sekali jadi susah mas buat keluar dari masalah benang kusut ini.

kabeyang kalo ada geraka rekoso nasional, yang biasa mobil dewekan, beli kopi gobanan, makan stik ratusan ikut kompak rekoso bareng kayak pas awal2 pergerakan nasional, mulai dari ningrat sampe wong cilik kompak, mungkin, mungkin kita bisa saja bangkit lagi.

Sayangnya sekarang yang ada malah paradok, anggota dewan pada korup trus ngewek, trus korup, trus bacot, trus ngorup lagi, sampai pada titik jenuh nanti no wonder kalo ada revolusi...

Semoga saja tidak

*maaf kakean cangkem, heuehuehue*