Wednesday, May 14, 2008

Summer session

Hari-hari ini kampus sepi.
Perpustakaan sepi.
Union juga sepi.
Summer begini banyak yang kerja (part time atau just for the summer), uangnya buat bayar sekolah atau pergi keluar negeri. Jadi nggak ada atau sedikit cerita kalo anak muda Amerika keluar negeri pake duit ortu mereka (kecuali yang tajiirr banget!). Summer adalah saat yang paling tepat buat kerja, cari duit. Bayangpun ... Mei sampe Agustus .. 3 bulan buat kerja, kalo satu jam dibayar 7 dolar, sehari kerja 6 jam berarti sedina bisa ngumpulin uang 42 dolar. Seminggu kerja 5 hari maka dalam seminggu ada duit 210 dolar. Sebulan itu akan menjadi 840 dolar dan itu artinya kerja 3 bulan bisa dapet uang 2.520 dolar (kalo dirupiahkan .. hmm hampir 20 juta man!) Dan di sini, kerja keras apalagi saat summer udah menjadi kebiasaan!
Nggak cuma mahasiswanya, para professor juga iya, tapi mereka nggak kerja di luar universitas. Kebanyakan mereka sibuk dengan penelitian masing-masing, ikutan conference, atau ke luar negeri. Jadi walaupun summer tidak ada istilah libur, semua sibuk dengan urusan masing-masing.
Jadi kalo belum terbiasanya rasanya akan sangat menyiksa, ngantuk (palagi udara sangat mendukung), males ... dan jadinya malah tidak produktif.
Seandainya saja di Indonesia ada summer .. yang seperti ini, bukan summer yang disamakan dengan musim kemarau, tapi yang berarti adanya kebebasan untuk kerja, cari uang, atau pergi ke mana suka ... tanpa dibebani dengan kewajiban rutin ...
Seandainya ...

No comments: